Cara Mengatasi Dinding Mengelupas pada Dinding yang Baru Dicat

cara mengatasi dinding mengelupas

Cara Mengatasi Dinding Mengelupas – Cat atau pelapis dinding merupakan salah satu komponen terpenting dalam tampilan rumah. Cat juga membuat tampilan dinding menjadi lebih indah. Namun tentu saja, penanganan pada cat juga perlu dilakukan. Sebab ada saja masalah yang bisa muncul, mulai dari cat pudar, cat kotor hingga cat tembok yang terkelupas.

Kejadian ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Selain karena waktu, tembok lembab, dan konstruksi yang tidak baik, cat yang digunakan pun juga mempengaruhi pengelupasan pada dinding. Terutama jika cat yang digunakan adalah cat yang encer. Cat yang encer pasti akan lebih rentan pada pengelupasan karena teksturnya tidak mampu menutup dinding tembok dengan semestinya. 

Cara Mengatasi Dinding Mengelupas

Masalah ini akan membuat penghuninya lebih kesal apabila pengelupasan terjadi belum lama cat selesai dikerjakan. Namun jangan khawatir, untuk membuat dinding rumah indah kembali, langsung saja kita simak cara mengatasi dinding mengelupas pada dinding yang baru dicat.

Kikis lapisan cat yang sudah terkelupas hingga terlihat permukaannya

cara mengatasi dinding mengelupas

Untuk memulai prosesnya, kikis lapisan cat yang sudah terkelupas hingga terlihat permukaannya, kemudian bersihkan debu dan kotoran di permukaannya. Ini adalah langkah yang penting karena jika tidak dibersihkan dengan sempurna nantinya bisa menyebabkan hasil akhir yang tidak maksimal.

Ampelas bagian yang tidak rata

Jika Anda sudah menyelesaikan langkah pertama namun masih ada cat yang sulit dikikis, sebaiknya jangan dikikis dengan paksa. Dinding Anda bisa saja rusak dan malah ujung-ujungnya menyebabkan banyak kerugian. Jika ada cat yang sulit dikikis, maka amplas bisa menjadi alat membantu Anda. Sesuaikanlah ketebalan amplas dengan ketebalan cat. Jangan mengamplas terlalu dalam karena dapat merusak dinding.

Cari apakah ada kebocoran atau bagian tembok yang rusak

Pengelupasan cat dapat disebabkan oleh kondisi dinding yang sangat lembab. Di antaranya karena rembesan air pada saluran drainase yang tidak berstruktur baik atau kondisi dinding yang berdekatan dengan taman. Kandungan air tanah di taman biasanya tinggi dan akan menumpuk pori-pori dinding sehingga membuat dinding selalu basah. Rembesan pun dapat terjadi karena proses konstruksi dinding yang buruk.

Gunakan primer sealer sebagai cat tembok dasarnya

cara mengatasi dinding mengelupas

Setelah dinding siap dipoles, siapkan primer sealer untuk langkah selanjutnya. Primer dapat menjaga cat bebas dari pengelupasan dengan daya lekat yang sempurna dan bahan anti-pengelupasan. Salah satu primer yang direkomendasikan adalah NIPPON 3-IN-1 ANTI-ALKALI PRIMER SEALER karena dapat menjaga hasil pengecatan tetap baru dan indah. NIPPON 3-IN-1 ANTI-ALKALI PRIMER SEALER sangat dibutuhkan karena daya tahan alkalinya tinggi, daya rekat serta daya isinya pun sangat baik sehingga dapat menjadi bahan anti jamur cukup tinggi. 

Baca:  Jenis Komponen yang Terdapat pada Generator

Lakukan pengecatan finishing dengan menggunakan cat yang tahan pada kotoran dan jamur 

cara mengatasi dinding mengelupas

Setelah proses primer, langkah selanjutnya adalah pengecatan finishing. Salah satu cat yang recommended untuk supaya tidak terjadi pengelupasan adalah Nippon Weatherbond. Nippon Weatherbond adalah cat tembok eksterior khusus yang kekuatan dan ketahanannya ganda terhadap cuaca ekstrim. Nippon Weatherbond berbahan dasar resin emulsi akrilik dan memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap kotoran, herba, alga, kulit, dan alkali. Selain itu, produk ini mudah digunakan, dan memiliki permukaan yang halus dan seragam serta daya sebar yang luas. Untuk hasil sempurna, lakukan pelapisan sebanyak 2 kali.  

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi dinding mengelupas pada dinding yang baru dicat. Sebaiknya selalu gunakan cat tembok berkualitas tinggi pada setiap dinding rumah Anda. Yaitu dengan cat yang daya rekat dan elastisitasnya baik. Dengan cat yang berkualitas pasti dapat bertahan lebih lama tanpa Anda harus mengecat lagi di kemudian hari. Penggunaan cat tembok kualitas rendah memang sangat murah, namun dibandingkan dengan penggunaan cat tembok kualitas tinggi, selain memiliki daya rekat yang lebih baik, daya sebar lebih luas sehingga warnanya tidak mudah pudar dan tidak terkelupas. 

Nippon Paint Indonesia

Untuk hasil cat terbaik dan tahan lama gunakan Nippon Paint yang dijual di Super Bangun Jaya. Di Super Bangun Jaya, tersedia berbagai jenis produk Nippon Paint yang sangat kami rekomendasikan untuk menjadi pilihan utama Anda.

cara mengatasi dinding mengelupas - bestseller.superbangunjaya.com

Ayo beli Nippon Paint di Super Bangun Jaya dengan tanyakan pada kami via whatsapp! Anda tidak perlu ragu karena di SBJ ga bakal dicurangi. Super Bangun Jaya menyediakan berbagai produk bahan bangunan dasar hingga produk finishing lengkap dan dengan harga terbaik! Untuk Anda yang tidak bisa langsung datang ke toko kami, kami menyediakan layanan online dan pengiriman langsung ke rumah Anda. Produk keramiknya terbaik, pasti kami berikan #JaminanGaCurang!

Whatsapp Super Bangun Jaya

Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa follow instagram @superbangunjaya serta like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya selalu update dengan promo terbaru dari kami. (eri)

The post Cara Mengatasi Dinding Mengelupas pada Dinding yang Baru Dicat appeared first on Produk Terbaik SBJ.