Cara Mengelola Sparepart Genset Secara Efektif

Cara Mengelola Sparepart Genset Secara Efektif

Bagaimana Mengelola Suku Cadang Genset Secara Efektif – Sebagian besar perusahaan enggan menyimpan persediaan suku cadang genset secara lengkap. Karena terkendala biaya operasional. Mereka berharap manajer pabrik dapat mengidentifikasi cara-cara untuk mengurangi biaya sambil mempertahankan kinerja dan efisiensi operasi pabrik.

Manajemen Suku Cadang Genset Praktis adalah fondasi untuk penggunaan pabrik yang andal dan sangat penting untuk keberhasilan manajer pabrik. Sebagai manajer pabrik, Anda perlu mengetahui cara menentukan suku cadang yang diperlukan untuk membuat sistem inventaris yang efektif dan komprehensif.

Cara terbaik adalah menetapkan metode strategis yang dapat mengelola pergerakan dan penyimpanan inventaris Anda secara memadai. Berikut ini cara mengelola suku cadang generator secara efektif:
Bagaimana Cara Mengelola Spare Part Genset Secara Efektif?

Strategi Penggunaan Genset

Sebagai pengelola Suku Cadang Genset, Anda dapat menggunakan dari posisi prediktif atau reaktif.

Kebanyakan perusahaan terbiasa membangun strategi reaktif. Agar berhasil mengelola inventaris, seorang manajer harus menggunakan strategi prediktif.

Meskipun manajemen reaktif dapat bermanfaat selama krisis, inti dari manajemen yang sukses adalah kemampuan untuk mencegah masalah sebelum masalah tersebut muncul.

Pemasok sedang kehabisan stok

Jika Anda mencoba untuk mengidentifikasi akar penyebab kehabisan stok maka Anda dapat membatasi dampaknya pada operasi Anda. Mulailah menganalisis penyebab kehabisan suku cadang secara real time.

Juga, tinjau permintaan perkiraan dan cari bagian Generator yang mungkin memiliki pengaturan pesanan yang salah. Perlu dicatat bahwa penyebab paling umum dari kehabisan stok adalah kemungkinan keterlambatan dalam rantai pasokan secara internal atau eksternal

Kontrol Inventaris

Agar dapat digunakan secara efektif, Anda tidak harus menyertakan semua perlengkapan suku cadang genset Anda. Karena tidak realistis menyimpan suku cadang dalam jumlah besar.

Baca:  Genset Yanmar Soundproof

Sementara itu, untuk mendapatkan kontrol yang lebih baik atas inventaris Anda, kembangkan kriteria yang jelas yang akan membantu menentukan dan mengkategorikan suku cadang. Sedangkan sebutan seperti Dangerous Spare Parts dapat membantu Anda memprioritaskan inventaris Anda.

Waktu produksi

Memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang waktu tunggu Suku Cadang Genset sangat penting untuk membangun program pasokan yang benar. Padahal menentukan waktu sangat penting saat menentukan suku cadang genset yang akan disimpan. Jika waktu henti tidak penting bagi perusahaan

Anda, maka Anda tidak akan mendapatkan penyimpanan suku cadang dengan cepat dan mudah.

Namun, jika waktu produksi hilang, Anda akan mengalami kerugian finansial untuk operasi Anda.

Banyak suku cadang dengan waktu tunggu yang lama dibuat sesuai pesanan dan tidak memiliki opsi percepatan. Oleh karena itu, sebaiknya simpan suku cadang dengan waktu tunggu yang lama.

Sediakan Peralatan Baru

Seringkali seorang manajer operasi dan pemeliharaan berargumen bahwa peralatan kami baru saja dipasang, dan kami tidak memerlukan suku cadang apa pun. Meski kedengarannya logis, pemikiran seperti ini salah. Pasalnya, ada juga anggapan bahwa vendor akan menyuplai suku cadang yang berkualitas dan berfungsi dengan sempurna. Namun, hal ini sering terjadi pada kegagalan parsial saat memulai.

Sementara memiliki suku cadang yang tepat untuk start-up / commissioning peralatan baru itu penting. Jika suku cadang tiba-tiba rusak, maka Anda dapat mengurangi waktu henti dengan menyediakan suku cadang untuk segera diganti.

Hitung Resiko dalam Penggunaannya

Tidaklah mengherankan bahwa peralatan akan rusak, tetapi meluangkan waktu untuk menghitung risiko waktu henti dapat membantu memperkuat keputusan Anda untuk menghemat suku cadang genset. Dengan begitu semuanya akan lebih mudah bagi Anda.