Cara Menghitung Daya 10 Kva Berapa Watt Kapasitas Genset

Cara Menghitung Daya 10 Kva Berapa Watt Kapasitas Genset

Cara Menghitung Daya 10 Kva Berapa Watt Kapasitas Generator- Genset atau biasa disebut genset adalah alat atau mesin yang dapat digunakan sebagai alat cadangan listrik pada saat terjadi pemadaman listrik. Dimana, mesin genset ini memiliki peran yang sangat penting bagi masyarakat, baik bagi mereka yang tinggal di perkotaan untuk keperluan industri maupun di daerah terpencil yang belum mendapat jaringan listrik PLN.

Sedangkan beban listrik yang mengalir dari daya semu harus diperhatikan dengan memastikan perhitungan sumber daya yang menggunakan arus listrik tidak melebihi batas. Oleh karena itu bagi anda yang mempunyai niat atau rencana untuk menggunakan genset ada baiknya jika mengetahui kapasitas genset yang cukup penting untuk dipelajari.

Dimana nilai kapasitasnya 10 kva berapa watt genset yang sangat bervariasi tergantung kebutuhan pemakaian yang diinginkan.

Cara Menghitung Daya 10 Kva Berapa Watt Kapasitas Generator

Sedangkan untuk penggunaan genset di rumah, umumnya menggunakan genset memiliki kapasitas 1000 kVA sampai dengan 10.000 kVA. Sedangkan sektor industri menggunakan generator dengan kapasitas lebih besar. Namun besar kecilnya kVA pada generator tidak selalu menunjukkan nilai Watt yang sebenarnya. Karena nilai 10 kVA tidak sama dengan 10000 Watt.

Lalu bagaimana cara mengetahui kapasitas daya listrik atau Watt pada genset tersebut? Sebelum Anda mengetahui hal tersebut, Anda harus terlebih dahulu mengetahui perbedaan kVA dan kW yang memiliki keterkaitan dengan daya listrik yang dihasilkan. Jadi dapat disimpulkan berapa nilai Watt yang bisa dihasilkan oleh mesin genset.

Selain itu satuan kVA dapat digunakan sebagai acuan daya yang dapat dibangkitkan oleh generator yang mengacu pada kapasitas daya generator Watt yang digunakan, hal ini tidak berarti dari daya energi yang dihasilkan oleh mesin yang digunakan. Namun besaran kVA tersebut merupakan kapasitas sesungguhnya dari mesin genset yaitu tenaga mesin ditambah daya aktif yang dapat dibentuk oleh genset yang digunakan.

Baca:  Harga Genset

Sedangkan besaran kW merupakan nilai daya nyata yang berasal dari konversi energi tenaga atau kemampuan mesin untuk beroperasi. Namun hal yang menjadi acuan dalam menentukan nilai Watt pada generator adalah menggunakan satuan kW dengan penjelasan bahwa 10 kW sama dengan 10000 Watt.

Karena pada mesin genset anda hanya bisa melihat ukuran 10 kva dan berapa watt kVA, maka anda dapat menggunakan nilai standar 10 kVA yang setara dengan 0,80 kW (8000 Watt). Oleh karena itu, jika Anda memiliki genset dengan kapasitas yang tertera pada label 2 kVA maka nilai kWnya adalah 1,6 kW atau 1600 Watt.

Sebelum melakukan hal tersebut pastikan terlebih dahulu berapa daya listrik yang anda butuhkan sebelum membeli mesin genset dengan beberapa pilihan kapasitas. Karena jika anda membeli genset dengan kapasitas yang lebih rendah maka genset yang Anda pilih tidak dapat digunakan secara maksimal untuk kebutuhan Anda.

Selain itu, perlu Anda ketahui penggunaan kapasitas tersebut 10 kva berapa watt Genset yang memiliki reputasi & daya tahan yang baik memiliki peran penting. Namun untuk menghitung kapasitas genset, ada baiknya juga menghitung konsumsi bahan bakar dari mesin genset yang digunakan. Hal tersebut bisa dilakukan agar genset dapat bekerja secara maksimal dan dapat mencegah terjadinya kerusakan