Cara Menghitung kW to kVA pada Genset secara Benar & Tepat

Cara Menghitung kW to kVA pada Genset secara Benar & Tepat

Cara Menghitung kW to kVA pada Genset РGenset atau generator set merupakan salah satu alat atau mesin yang terdiri dari pembangkit listrik (generator) yang disusun menjadi satu kesatuan untuk menghasilkan tenaga listrik dalam jumlah tertentu. Sementara mesin genset dapat bekerja dengan  melakukan pembakaran internal, atau mesin diesel yang menggunakan bahan bakar solar atau bensin.

Selain itu, prinsip kerja generator yaitu memiliki tujuan untuk mengubah energi gerak (kinetik) menjadi energi listrik.

Sehingga, genset dapat di artikan sebagai alat cadangan listrik saat terjadi pemadaman dari PLN. Oleh karena itu, banyak dari sebagaian orang yang beranggapan bahwa genset merupakan salah satu kebutuhan yang harus dimiliki.

Karena, genset tidak hanya dapat digunakan di perumahan saja, akan tetapi genset juga dapat digunakan sebagai kebutuhan pabrik, perkantoran, mall, dan lain sebagainya.

Sementara genset yang hadir sebagai alat cadangan listrik terdiri dari beberapa jenis genset. Dimana, dari beberapa jenis genset ini memiliki beberapa kapasitas yang berbeda. Sehingga, genset dapat Anda gunakan dengan menentukan kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan listrik tersebut.

Sementara pada artikel ini akan kami jelaskan mengenai beberapa kapasitas yang terdapat pada genset, salah satunya adalah kW to kVA.

Sedangkan dari kedua unit ini memiliki arti yang berbeda. kW merupakan salah satu Kilo Watt atau satuan daya nyata, dimana KW (kilo Watt) ini biasanya digunakan oleh PLN. Sementara untuk mengetahui kapasitas dalam kW, dengan melakukan perhitungan KW terhadap KVA Kapasitas Genset yang dapat mengenalinya dengan perbandingan sebesar 0.8.

Sedangkan kVA merupakan salah satu Kilo Volt Ampere atau dapat disebut dengan satuan daya semu atau daya nyata dan daya aktif.  Sementara nilai dari perbandingan 0,8 dan nilai kVA akan selalu lebih tinggi dari nilai kW.

Baca:  Jual Genset Surabaya | Supplier Jual Genset Surabaya Harga Murah

Karena, dalam hal ini terdapat genset yang menggunakan ukuran sebesar 60 Hz dan yang paling sering menggunakan kVA sebagai nilai utama saat mereferensikan genset. Sedangkan kW atau Kilo Watt sebenarnya merupakan salah satu daya keluaran yang dapat dihasilkan oleh generator berdasarkan tenaga kuda (HP) mesin.

Cara Menghitung kW to kVA pada Genset

Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan perhitungan kW to kVA. Dimana dengan melakukan perhitungan dari kedua unit dapat Anda lakukan dengan menggunakan rumus, agar Anda dapat menentukan rasio kW dan kVA. Adapun cara melakukan perhitungan kW to kVA dengan menggunakan rumus, sebagai berikut :

Cara Menghitung Kapasitas Genset KW to KVA dan untuk menentukan rasio kW dan kVA dapat Anda lakukan dengan menggunakan rumus dibawah ini:

  • Perhitungan genset menggunakan KVA dengan perhitungan perbandingan yaitu 1KVA = 0.8 KW atau 800 Watt atau dapat disebut juga dengan 1 KVA adalah 800 Watt
  • Misalnya, jika genset memiliki kapasitas sebesar 2 kVA, maka nilai yang diperoleh sama dengan 1,6 kW atau 1600 Watt

Sementara perbandingan daya antara kW dan kVA, sebagai berikut :

  • Generator dengan 100 kVA memiliki kapasitas sebesar 80 kW atau disebut juga dengan 80.000 Watt. Sementara 100 KW sama dengan 125 KVA
  • Misalnya, jika generator mamiliki 200 kVA, maka kapasitas yang dimiliki sebesar 160 kW atau dapat disebut juga dengan 160.000 Watt.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat Anda gunakan untuk melakukan perhitungan kW to kVA, dimana hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan rumus yang sudah kami jelaskan di atas,.

Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.