Cara Merawat Lantai Keramik Mulia Agar Kinclong

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia Super Bangun Jaya

Cara merawat lantai keramik – Di zaman yang semakin modern ini, semakin banyak model dan jenis keramik yang dijual di pasaran. Anda bisa dengan mudah membelinya sesuai dengan motif dan warna yang Anda inginkan. Namun hati-hati, karena nyatanya masih banyak yang menjual produk keramik dengan kualitas yang diragukan. Kabarnya kualitasnya 1 (kw1) padahal kualitas yang dijual 3 (kw3). Jika Anda terjebak dengan toko yang tidak jujur, Anda tidak hanya akan kehilangan harga, kualitas keramiknya pasti akan lebih buruk dari yang diharapkan. Maksudnya agar rumah yang megah, modern, dan cerah, ternyata keramik cepat berubah warna dan kusam.

Cara merawat lantai keramik

Untuk menghilangkan kesan kusam ini, cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan rajin membersihkannya. Pembersihan bisa dengan penyapu lantai atau dengan bahan pembersih lantai yang mudah ditemukan di supermarket atau bahkan warung dekat rumah. Tapi karena mudah bukan berarti bisa sembarangan memilih bahan-bahan tersebut. Karena untuk merawat lantai keramik, Anda perlu memilih material yang tepat dan tidak merusak material lantai keramik rumah Anda.

Lalu bagaimana cara merawat lantai keramik rumah agar licin? Berikut tipsnya!

Pel menggunakan kain mikrofiber

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Banyak yang beranggapan bahwa mengepel adalah kegiatan yang bisa dilakukan dengan mudah dan begitu saja. Tapi tahukah Anda bahwa mengepel sembarangan justru bisa membuat keramik rentan tergores dan rusak? Oleh karena itu, untuk mengepel lantai keramik rumah Anda, Anda membutuhkan kain khusus yang mudah dilepas atau bisa diganti bagian tepi kainnya. Biasanya kain pel yang bagus adalah kain pel yang ringan, berserat mikro dan mudah peras.

Sebaiknya hindari kain spon karena biasanya bahan spon justru mendorong air kotor ke sudut ruangan dan antar lantai dan membuatnya lebih sulit untuk dibersihkan. Selain kain, pastikan juga sering mengganti air karena air kotor justru akan membuat rumah kotor dan berbau tidak sedap. Lantainya menjadi keruh dan hasilnya tidak mengilap.

Hindari sabun deterjen, gunakan cairan pembersih lantai khusus yang tidak mengandung asam

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Cairan terbaik untuk merawat ubin lantai adalah cairan non-abrasif. Yaitu cairan yang tidak mengandung asam. Asam dapat bersifat korosif dan jika digunakan secara berlebihan dapat merusak kaca keramik, yang dapat menyebabkan tampilan kilap berkurang. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan pembersih lantai khusus yang aman untuk permukaan keramik dan sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak cairan pembersih dan ikuti saja petunjuk pada kemasan produk.

Hapus residu jika ada yang tersisa

Cara merawat lantai keramik yang mulia

Ada kalanya setelah mengepel, lantai keramik masih terlihat buram seperti keruh. Hal ini biasa terjadi jika sabun pembersih mengandung bahan abrasif yang meninggalkan residu pada media lantai. Nah, untuk menghilangkannya anda bisa menggunakan cairan pembersih yang non abrasif dan non destruktif.

Baca:  Tips / Cara Merawat Genset dan Solusi Jika Genset Bermasalah

Cara ini jarang diketahui orang lain karena biasanya setelah dipel, lantai keramik dibiarkan begitu saja. Padahal membilas keramik dengan air bersih cukup penting dilakukan agar cairan pembersih tidak menempel pada permukaan keramik. Karena jika residu dari cairan pembersih sudah lama menempel, maka akan merusak penampilan keramik Anda.

Bersihkan nat di antara ubin

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Tidak hanya lantainya, nat juga perlu dibersihkan karena jika tidak maka akan berubah warna. Menjadi hitam dan gelap karena sering menyimpan debu. Nat tidak akan langsung bersih hanya dengan menyapu atau mengepel, jadi Anda perlu cara berikut ini. Campur air hangat, soda kue, amonia, dan sedikit cuka untuk membersihkan nat. Anda bisa menyemprotkan campuran tersebut dan diamkan selama sekitar 5 menit agar cairan masuk ke dalam nat. Sikat dengan lembut menggunakan sikat berbulu kaku untuk menghilangkan kotoran. Baru kemudian bersihkan dengan kain lembab.

Hapus goresan dengan soda kue

Cara Merawat Lantai Keramik Mulia

Ada kalanya setelah terinjak-injak dan terkena berbagai macam gesekan, keramik yang mahal pun bisa tergores. Meninggalkan goresan dapat menyebabkan lantai terlihat lebih buruk. Oleh karena itu, untuk memperbaiki keramik yang tergores bisa menggunakan campuran soda kue dengan pasta gigi. Setelah teksturnya mengental Anda bisa mengoleskan campuran tersebut pada keramik yang tergores. Gunakan kain lembab untuk menggosoknya dan gosok perlahan dengan sedikit tekanan.

Itulah beberapa cara merawat lantai keramik rumah agar terlihat rapi. Caranya sangat mudah, namun jika tidak dilakukan dengan benar, keramik bisa lebih cepat berubah warna dan menjadi kusam.

Agar selalu aman dan nyaman dengan keramik yang awet dan mudah perawatannya, gunakanlah Keramik Mulia yang dijual di Super Bangun Jaya. Dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang tinggi, kami sangat merekomendasikan produk Mulia Ceramics untuk menjadi pilihan pertama Anda.

Lantai Keramik Mulia Super Bangun Jaya

Beli keramik Mulia di Super Bangun Jaya dengan bertanya langsung kepada kami melalui WhatsApp! Tidak perlu ragu karena SBJ tidak akan ditipu. Super Bangun Jaya menyediakan berbagai produk dari bahan bangunan dasar hingga produk finishing lengkap dan dengan harga terbaik! Bagi anda yang tidak bisa datang langsung ke toko kami, kami menyediakan layanan online dan pengiriman langsung ke rumah anda. Produk keramik terbaik, kami pasti akan memberikan Anda #JaminanGaCurang!

Whatsapp Super Bangun Jaya

Bagikan artikel ini jika bermanfaat dan jangan lupa follow Instagram @uperbangunjaya dan menyukai Halaman Facebook Super Bangun Jaya biar kamu selalu update dengan promo terbaru dari kami. (eri)

Postingan Cara Merawat Lantai Keramik Mulia Agar Rapi Muncul pertama kali di Produk Terbaik SBJ.