Ciri-ciri Alternator Genset Rusak

Ciri-ciri alternator genset rusak

Ciri-ciri alternator genset rusak

Anda memiliki generator karena Anda membutuhkan daya listrik yang lebih besar atau sebagai daya cadangan saat terjadi pemadaman listrik.

Alternator yang merupakan salah satu dari beberapa komponen penting dalam genset merupakan komponen yang dapat menghasilkan keluaran listrik yang disuplai oleh mesin (mengubah energi mekanik yang diperoleh dari mesin tenaga listrik yang menghasilkan arus bolak-balik). Di dalam alternator terdapat komponen penting yang akan melakukan pergerakan relatif antara medan magnet dan listrik, terdapat 2 komponen penting yaitu:

Stator

Pada stator terdapat kumparan kawat yang dapat memotong medan magnet saat generator berputar. Secara umum stator hanya masih dalam arti tidak bergerak atau berputar

Rotor

Merupakan komponen yang bergerak, dengan gerakan ini maka dapat menghasilkan medan magnet. Rotor yang bergerak memiliki 3 cara yaitu induksi, magnet permanen dan menggunakan exciter

Bagaimana alternator bekerja

Energi mekanik yang disalurkan ke katrol akan memutar roda dan menghasilkan arus listrik bolak-balik pada salah satu komponen yaitu stator. Arus listrik bolak-balik ini kemudian akan diubah menjadi arus searah.

Anda harus menjaga agar setiap komponen penting dari mesin genset seperti alternator tetap berfungsi dan bekerja dengan baik. Namun dalam mengantisipasi hal buruk terjadi, barulah Anda bisa mengenali ciri-cirinya generator alternator rusak untuk membuat penggantinya. Berikut beberapa tanda jika alternator rusak.

  • Sabuk alternator tidak kencang
  • Regulator tegangan rusak
  • Flensa pully alternator bengkok
  • Kabel alternator terkelupas atau putus
  • Baterai rusak
  • Kursi alternator tidak kencang
  • Baterai rusak

Sebenarnya sangat mudah untuk melakukan perawatan pada alternator. Nyatanya, Anda bisa melakukannya sendiri karena dalam merawat alternator tidak ada hal khusus yang perlu Anda lakukan.

Selain alternator sebenarnya terdapat komponen pendukung lain yang terdapat pada generator, karena generator memiliki berbagai rangkaian yang bersatu untuk menghasilkan energi listrik.

Untuk memilih generator, pastikan Anda tidak salah memilih. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

Baca:  Genset Yanmar untuk Bisnis dan Tempat Usaha

Anda diharuskan menghitung beban yang dibutuhkan kemudian dari total daya tersebut, selanjutnya Anda dapat memilih genset sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan. Jika beban yang Anda butuhkan adalah 10 kVa, maka Anda harus memilih yang lebih besar yaitu minimal 10% dari 10 kVa. Misalnya 15 kVa atau 20 kVa, hal ini dikarenakan mesin genset masih mempunyai space dan tidak bekerja dengan beban yang terlalu berat atau berlebihan.

Jenis mesin yang dimaksud disini adalah pemilihan jenis bahan bakar yang akan anda gunakan untuk pengoperasian genset. Jika ingin menggunakan genset dengan kapasitas besar, maka Anda bisa memilih genset diesel atau diesel. Sedangkan jika hanya membutuhkan mesin genset berkapasitas kecil, Anda bisa memilih genset berbahan bakar bensin.

Jika perangkat dalam hal ini genset membutuhkan listrik 3 fasa maka anda membutuhkan genset dengan tegangan 3 fasa. Generator dengan tegangan 3 fasa akan dapat digunakan untuk perangkat 3 fasa atau 1 fasa, sedangkan untuk genset 1 fasa hanya akan digunakan pada perangkat fasa tunggal.

Yang terakhir pastikan Anda memilih genset yang sudah terbukti andal dengan distributor genset yang kredibel. Pastikan tempat yang anda beli genset tersebut memberikan jaminan perawatan serta garansi sparepart dari merk genset tersebut mudah ditemukan atau bahkan mereka menyediakan suku cadang asli.

Jika anda mengalami salah satu komponen pada genset mengalami kerusakan, maka secepatnya hubungi kami PT. Aneka Cipta Engineering. Karena kami akan menyediakan tim teknisi ahli kami untuk merawat genset agar sistem kerja genset Anda dapat beroperasi dengan baik. Jika tidak segera diatasi akan berpengaruh pada komponen lain pada genset, dan akan menyebabkan biaya perawatan atau penggantian menjadi lebih mahal. Tentu ini bukan yang Anda inginkan, jadi jangan ragu untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan kami.

Karakteristik tiang alternator genset rusak muncul pertama kali pada Aneka Cipta Engineering.