Genset Sangat Penting Bagi Sebuah Pabrik untuk Memenuhi Berbagai Macam Kebutuhan

Genset Sangat Penting Bagi Sebuah Pabrik untuk Memenuhi Berbagai Macam Kebutuhan

generator-industri-pabrik

Berbicara tentang pabrik, ya, seperti yang kita ketahui, pabrik memiliki kebutuhan listrik yang cukup tinggi. Untuk itu, biasanya setiap pabrik tidak hanya mengandalkan listrik dari PLN, tapi juga menambah generator.

Sebenarnya untuk keperluan rumah tangga atau proyek yang akan datang kita bisa menyewa genset misalnya sewa genset 200 kVA selama 12 bulan. Namun untuk kebutuhan pabrik sebaiknya beli saja daripada menyewa. Karena membeli yang jatuh akan lebih murah dari pada menyewa.

Genset memiliki dua tipe, yaitu tipe terbuka dan tipe diam. Genset dengan type terbuka cocok jika digunakan pada proyek-proyek di lapangan, gudang, maupun pabrik besar (kawasan industri).

Hal ini dikarenakan tingkat kebisingan tipe terbuka yang cukup tinggi. Sedangkan untuk tipe silent, genset ini cocok untuk kebutuhan hotel, rumah sakit, restaurant, mini market dan perumahan. Sesuai dengan namanya, tipe silent ini tidak menimbulkan suara berisik karena menggunakan kotak peredam suara.

Kami akan membahas lebih lanjut tentang genset untuk kebutuhan pabrik, tanpa basa-basi yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Perhatikan ini saat memilih generator untuk pabrik

Sebelum anda memilih genset untuk keperluan pabrik anda perhatikan hal-hal berikut ini, jangan sampai nanti anda salah membeli genset.

Kesalahan dalam membeli genset seringkali dilakukan karena tidak mengerti apa yang dibutuhkan pabrik.

Penyesuaian Daya Genset

Karena pabrik pada umumnya menggunakan peralatan dalam jumlah besar dan banyak, tentunya membutuhkan listrik yang tidak sedikit. Selalu perhitungkan daya listrik yang dibutuhkan oleh pabrik.

Jika perhitungan Anda benar, maka sediakan generator dengan daya total sekitar 10% dari jumlah daya yang dibutuhkan.

Suku Cadang Genset Mudah Dicari atau Selalu Tersedia

Genset juga mempunyai hal yang sama dengan benda industri lainnya, genset juga bisa rusak.

Penyebabnya bermacam-macam, dari mesin hingga bahan bakar. Ini secara bertahap akan merusak generator secara keseluruhan. Jika itu terjadi, hubungi tempat servis terdekat.

Pastikan mereka memiliki suku cadang yang siap sehingga masalah dapat segera teratasi.

Pemilihan tipe atau merek yang tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada dua jenis genset yang bisa dipilih. Kembali lagi, Anda harus tahu apa saja kebutuhan yang akan dibantu oleh generator set. Anda bisa memilih generator tipe terbuka jika Anda memiliki banyak aktivitas di luar ruangan.

Namun jika aktivitas pabrik lebih banyak berada di dalam ruangan, maka silent type genset dianggap sebagai pilihan tepat yang bisa Anda dapatkan. Hanya mencari tenaga yang bisa menunjang semua kegiatan produksi dan kegiatan pabrik.

Tenaga Generator Yang Biasa Digunakan Oleh Produsen

Sebelum menentukan kapasitas dan daya genset, terlebih dahulu Anda harus menentukan apa tujuan penggunaan genset tersebut. Misalnya listrik cadangan untuk kebutuhan operasional pembangkit atau sebagai sumber utama listrik.

Pastikan juga genset ini akan menyala saat aliran listrik padam atau bahkan genset harus hidup 24 jam 7 hari dalam seminggu? Apakah kamu punya jawabannya

Jika demikian, Anda pasti bertanya-tanya apa hubungannya? Sambungannya adalah setiap genset memiliki 3 kapasitas yaitu: daya siaga, daya prima dan daya kontinu.

Nah, jika sudah mengetahui besarnya daya listrik yang dibutuhkan, maka pilihlah genset dengan total daya yang sudah berlebih sekitar 10% dari total daya yang dibutuhkan.

Misalnya daya listrik yang dibutuhkan adalah 15000 watt, maka kapasitas genset yang harus anda sediakan untuk pabrik adalah 15300 watt.

Generator deutz

Mesin Deutz adalah salah satu mesin produksi terkemuka di dunia yang menciptakan inovasi dalam teknologi. Deutz memiliki kompetensi inti dalam pengembangan, produksi, distribusi dan layanan Diesel dan Gas yang digunakan dalam banyak aplikasi.

Mesin Deutz menghasilkan kapasitas dari 12 kVA hingga 500 kVA. Mesin Deutz dapat diaplikasikan pada alat konstruksi, peralatan pertanian, mesin kereta api, mesin otomotif, generator dan aplikasi lainnya.

Generator Deutz lebih unggul dari merek lain, karena konsumsi bahan bakarnya lebih hemat. Pasalnya, sejak awal generator ini dirancang sebagai sumber energi alternatif dengan performa mesin diesel terbaik.

Generator Dalian Deutz

Genset Deutz Dalian merupakan salah satu mesin genset yang lahir dari hasil kolaborasi teknologi Jerman-China.

DEUTZ bekerja sama dengan FAW Group Corporation ("First Automobile Group") yang merupakan salah satu dari 4 perusahaan mesin terbesar di China yang memproduksi mesin bus, truk tugas berat, dan banyak suku cadang alat berat.

Sistem pendingin casing engine Deutz Dalian menggunakan cairan pendingin 50% air dan glikol dalam sirkuit tertutup yang digerakkan oleh pompa engine.

Kipas buang, radiator, dan tangki ekspansi yang digerakkan engine asli dari produsen engine. Sirkuit ini dilengkapi dengan sistem pembersihan pendingin di bagian luar pelat alas dan perlindungan semua permukaan yang bekerja.

Generator Perkins

Perkins memiliki banyak varian kapasitas genset. Generator Perkins dengan kapasitas 20 kVA hingga 200 kVA diproduksi di China, sedangkan kapasitas 250 kVA – 2000 kVA diproduksi di beberapa negara antara lain India, Inggris dan Amerika.

Genset Perkins sangat terkenal di Indonesia dan populasi genset Perkins sudah banyak digunakan di banyak industri seperti hotel, rumah sakit dan pabrik.

Sebelum memilih mesin genset tipe perkins alangkah baiknya jika Anda mengetahui kelebihan dari genset ini.

Generator Cummins

Generator Cummins adalah salah satu mesin yang paling dikenal luas karena harganya yang kompetitif.

Cummins memiliki dua produsen yang terdiri dari Cummins Dongfeng dan Cummins Chongqing, yang dimiliki oleh 50% perusahaan Cummins AS dan 50% dari lima perusahaan teratas di China.

Cummins Dongfeng memproduksi genset dalam seri 4B, 6B, C8.3, dan L8.9. Sementara itu, Cummins Chongqing memproduksi generator dengan seri NT dan KT.

Genset biasanya identik dengan suara bising yang mengganggu pendengaran. Namun berbeda dengan genset merk Cummins karena genset yang satu ini mengeluarkan suara yang sangat tenang sehingga tidak ada suara bising.

Keunggulan yang di miliki selain suara yang tenang adalah genset ini hemat bahan bakar, keunggulan ini menjadi salah satu kelebihan dibandingkan genset merk lain.

Genset MTU (Motoren- und Turbinen)

Generator MTU adalah mesin buatan Eropa – Jerman. Genset MTU merupakan salah satu mesin heavy-duty yang tergolong awet, engine awet di kelasnya.

Generator MTU merupakan mesin dengan sistem EMR yang pengoperasiannya menggunakan sistem elektronik – mekanis. Di Indonesia, mesin genset MTU sangat banyak digunakan dan biasa digunakan di PLN dan perkapalan. Baik oleh instansi maupun pihak swasta.

Generator Watter

Generator Watter berasal dari pabrikan Cina yang dibuat oleh salah satu perusahaan Otomotif terbesar. Generator yang cocok untuk industri kecil ini memiliki kapasitas berkisar antara 15 kVA – 60 kVA.

Karena genset ini sangat ekonomis dari segi harga, sehingga populer digunakan oleh para pengusaha industri kecil. Genset tipe silent ini menghasilkan suara yang relatif sangat pelan, sehingga tidak mengganggu area sekitar genset.

Kesimpulan

Demikian penjelasan jenis genset yang cocok untuk kebutuhan pabrik. Semoga penjelasan di artikel ini bisa membantu teman-teman semua dan bisa dijadikan referensi.

Selain untuk kebutuhan pabrik, genset juga dapat digunakan untuk kebutuhan rumah sakit, cari tahu informasinya di sini!

Postingan Genset Yang Sangat Penting Bagi Sebuah Pabrik Untuk Memenuhi Berbagai Kebutuhan Muncul pertama kali di DPS Power.

Baca:  Tips Membeli Genset Baru Pada Distributor Jual Genset Bandung