Jenis Komponen yang Terdapat pada Generator

jual genset perkins 500 kva open

Jenis Komponen yang Terdapat pada Generator – Genset atau generator set merupakan alat yang terdiri dari pembangkit tenaga (generator) dengan mesin penggerak yang disusun bersama untuk menghasilkan tenaga listrik dengan daya tertentu. Sementara pembangkit tenaga mekanik pada generator yang bergerak dan melakukan pembakaran internal dapat bekerja dengan menggunakan bahan bakar solar, bensin atau gas.

Sementara Generator listrik pertama kali dapat ditemukan dalam bentuk kawat besi yang memiliki bentuk huruf “U” yang dililitkan pada gulungan kawat.  Hal ini dapat dikenal sebagai Komponen Generator listrik yang dapat bekerja dengan cara memutar sebuah kumparan pada suatu medan magnet.  Sehingga hal ini dapat memunculkan energi induksi yang disebut juga dengan induksi elektromagnetik.

Oleh karena itu, pada setiap alat pasti ada komponen yang harus Anda ketahui, dimana komponen-komponen tersebut merupakan komponen yang terdapat pada alat / objek yang kita miliki. Berikut adalah komponen – komponen yang terdapat pada genset, diantaranya meliputi :

Jenis Komponen yang Terdapat pada Genset

Bagian Mesin

Mesin merupakan salah satu sumber energi input mekanis untuk generator. Sementara mesin ini memiliki ukuran yang berbentuk lurus dengan output daya maksimum yang dapat disuplai oleh genset atau generator. Dalam hal ini, ada beberapa faktor yang perlu Anda ketahui saat menilai mesin genset Anda.

Sementara mesin pada genset dapat bekerja dengan menggunakan beberapa bahan bakar seperti solar, bensin, propana, atau gas alam.

Sehingga mesin yang lebih kecil pada genset biasanya dapat bekerja dengan menggunakan bahan bakar bensin. Sedangkan mesin yang lebih besar menggunakan diesel, propana cair, gas propana, atau gas alam. Selain itu, mesin tertentu juga dapat bekerja pada umpan ganda diesel dan gas dalam mode operasi bahan bakar ganda.

Baca:  Niat Menyusul Pamannya yang Hilang di Laut, Warga Wanggarasi Ini Meninggal Dunia

Bagan Alternator

Alternator merupakan salah satu komponen yang terdapat pada genset, dimana hal ini juga dikenal sebagai bagian dari generator yang dapat menghasilkan keluaran listrik dari masukan mekanis yang dapat disuplai oleh mesin. Sehingga komponen – komponen tersebut dapat bekerja sama untuk menimbulkan gerakan relatif antara medan magnet dan listrik, yang selanjutnya akan menghasilkan listrik.

Pengisian Baterai pada Genset

Pengisian baterai pada genset merupakan salah satu komponen yang terdapat pada genset, dimana genset akan dapat bekerja saat baterai pada genset terisi. Seementara pengisian daya baterai dapat menjaga baterai generator tetap terisi dengan menggunakan “arus” tegangan yang tepat.

Karena, jika tegangan mengambang sangat rendah, maka daya baterai akan tetap kurang. Akan tetapi, jika tegangan mengambang sangat tinggi, itu akan mempersingkat masa pakai baterai. Sedangkan pengisi daya biasanya terbuat dari stainless steel untuk mencegah terjadinya korosi.

Sistem Bahan Bakar

Sistem bahan bakar juga merupakan salah satu komponen yang terrdapat pada genset. Dimana, tangki bahan bakar biasanya memiliki kapasitas yang cukup untuk menjaga generator yang dapat bekerja selama 6 hingga 8 jam. Sementara untuk unit genset yang ukuran kecil, tangki bahan bakar merupakan bagian dari alas selip genset yang bisa dipasang di atas rangka genset. Sehingga untuk aplikasi komersial, perlu memasang tangki bahan bakar eksternal.

Bagan Sistem Pelumas

Selain beberapa penjelasan yang sudah kami jelaskan di atas, ternyata sistem pelumas juga merupakan salah satu Komponen Generator. Sementara generator membutuhkan pelumasan untuk memastikan ketahanan dan kelancaran pengoperasian dalam jangka waktu yang lama. Dimana, mesin generator ini dapat dilumasi oleh oli yang disimpan di dalam pompa