Kementerian LHK: 80% Bencana Alam di RI Akibat Perubahan Iklim

Kementerian LHK: 80% Bencana Alam di RI Akibat Perubahan Iklim

Sumber: Hulondalo.id

Perubahan iklim

Dirjen PPI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ruadha Agung S saat berbincang dengan Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, Jumat (25/9/2020). (F. Haris / Humas)

Hulondalo.id – Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Ruandha Agung tak menampik bahwa salah satu penyebab banjir dan longsor yang terjadi di Gorontalo adalah akibat perubahan iklim.

Padahal, menurut Ruandha, berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setidaknya 80% bencana alam di Indonesia disebabkan oleh perubahan iklim.

“Jadi tidak hanya di Gorontalo, tapi juga bencana yang terjadi di seluruh Indonesia akibat perubahan iklim,” kata Ruandha usai bertemu dengan Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim, Jumat (25/9/2020).

Terkait hal tersebut, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk di Provinsi Gorontalo, untuk menghadapi perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini.

Sosialisasi ditujukan kepada para guru, baik tingkat SD maupun SMP, tentang bagaimana menghadapi perubahan iklim.

Alasannya. karena guru nantinya akan memberikan pemahaman kepada siswa tentang upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

“Karena ke depan, anak-anak kitalah yang akan menghadapi perubahan iklim. Oleh karena itu, harus diberikan pemahaman sedini mungkin agar siap menghadapi perubahan iklim,” lanjutnya.(adv / alex)

Artikel Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan: 80% bencana alam di Indonesia akibat perubahan iklim dipublikasikan pertama kali di Hulondalo.id. Hak Cipta oleh Hulondalo.id.

Baca:  Asuransi untuk Petani, Gagal Panen Dikasih Duit Rp 6 Juta