Kesaksian RY di Kasus GORR, Menurut Hamzah Sidik Aneh

Kesaksian RY di Kasus GORR, Menurut Hamzah Sidik Aneh

Sumber : Hulondalo.id

Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik.

Hulondalo.id – Kesaksian Sekda Gorontalo Utara Ridwan Yasin persidangan kasus GORR, yang mengatakan penentuan lokasi GORR, sepenuhnya adalah tanggung jawab Gubernur, peroleh tanggapan Hamzah Sidik.

Menurutnya, kesaksian Ridwan yang mengaku tidak tahu menahu soal penetapan lokasi pembangunan GORR sangat janggal. Pasalnya yang bersangkutan saat itu menjabat sebagai Karo Hukum di Pemprov Gorontalo, dimana soal penetapan lokasi bisa dikatakan adalah domain kerjanya.

“nggak masuk akal, masak sekelas Karo Hukum tidak mengetahui sesuatu yang sifatnya strategis seperti itu,” ujar Hamzah yang pernah menjabat Anggota Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo periode 2014-2019.

Bagi Hamzah, kesaksian itu tanpa sadar telah membangun konotasi negatif, bahwa Gubernur lah yang bertanggung jawab sepenuhnya tas penetapan lokasi.

Padahal lagi kata Hamzah, yang ditanda tangani oleh Gubernur itu sebelumnya sudah dipastikan clear and clean atau sudah sesuai peraturan perundangan, oleh panitia persiapan pengadaan tanah, dimana Ridwan Yasin ada di dalamnya dalam kapasitas Karo Hukum.

Dalam Peraturan Presiden Nomor 71 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaran Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, intinya dikatakan Gubernur itu sebelum melaksanakan tahapan kegiatan pengadaan tanah terlebih dahulu menerima dokumen perencanaan pengadaan tanah yang telah ditetapkan sebelumnya oleh pimpinan instansi yang memerlukan tanah atau pejabat yang ditunjuk.

“Gubernur itu tidak ujug ujug menetapkan lokasi, Gubernur itu hanya menindaklanjuti hasil kerja-kerja Tim Persiapan Pengadaan Tanah. jadi jangan dibalik balik keterangannya, bahwa dia (Ridwan yasin) merasa tidak dilibatkan,” ketusnya.

Hamzah pun menyarankan, kalau dugaan korupsi perkara GORR terbukti, maka pengembangan kasusnya harus menyasar mereka yang terlibat secara teknis dalam pengadaan tanah.

Baca:  Usman Razak Bukan Pengkhianat, ‘Pastikan’ Nelson Menang Besar di Boliyohuto

“Penilaian saya sudah dapat diidentifikasi dari kesaksian kesaksian mereka yang cenderung buang badan sebagai manajemen exit dengan menimpakan semua tanggung jawab ini kepada Gubernur agar mereka terhindar dari jeratan hukum,” tandasnya. (*)

Artikel Kesaksian RY di Kasus GORR, Menurut Hamzah Sidik Aneh dipulikasikan pertama kali di Hulondalo.id. Hak cipta oleh Hulondalo.id.