Memasang Pelampung Toren Air Bola atau Floating Valve

pelampung toren air

Pernahkah terpikir tata air dari sumber air yang mengalir ke bak mandi, keran Westfel, dan hilir lainnya tanpa pernah bocor dan meluap? Anda bahkan tidak pernah menyetelnya saat air harus mengalir atau berhenti. – pasang pelampung toren air

Padahal air sebagai sumber kehidupan tidak bisa kita singkirkan dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari keperluan rumah tangga, air selalu dibutuhkan di berbagai kebutuhan perkantoran, rumah sakit, sekolah, dan fasilitas umum untuk kebutuhan banyak orang.

Hal inilah yang membuat masyarakat menggunakan tandon air yang besar sebagai cadangan jika terjadi masalah.

Tergantung kebutuhan, untuk rumah biasanya cukup menggunakan toren berkapasitas kecil. Namun, untuk keperluan yang lebih umum, biasanya diperlukan pengumpulan air menggunakan tangki atau kolam yang besar.

Biasanya tandon air ini diletakkan di atas atap rumah. Tujuannya agar air dapat mengalir ke bawah dan memenuhi kebutuhan air dengan gaya gravitasi. Jadi tidak perlu lagi menggunakan bantuan pompa untuk menariknya.

Ada dua cara untuk mengisi wadah. Cara pertama adalah dengan menggunakan pompa yang mendorong air ke reservoir. Dan cara kedua adalah mengalirkan air secara otomatis dari sumber air yang letaknya lebih tinggi dari tampungan air dengan gaya gravitasi. Cukup dengan memasang kontrol, air dapat diatur untuk mengalir atau berhenti. Kontrol ini disebut sakelar level.

Cara kerja bak penampungan air secara otomatis

Untuk mengatur bagaimana air dialirkan atau dihentikan, kita membutuhkan sakelar level. Alat ini dipasang di bak penampungan air dan dihubungkan ke pompa. Sehingga pada saat water reservoir kosong maka level switch akan mengirimkan sinyal ke pompa untuk dihidupkan. Begitu juga sebaliknya saat level air reservoir sudah penuh maka level switch juga akan mengirimkan sinyal ke pompa untuk mematikannya.

Namun jika pengisian tandon air mengandalkan gaya gravitasi, maka kita hanya perlu menyediakan pengatur katup yang bisa otomatis membuka tutup sendiri sesuai batas ketinggian air di bak penampung. Salah satunya dengan menggunakan floating valve.

Katup Apung

Singkatnya, floating valve berfungsi untuk membuka dan menutup aliran air secara otomatis. Jadi kita tidak perlu buka klep secara manual saat mau isi tandon air. Katup juga tidak perlu ditutup saat air sudah penuh.

Katup apung yang biasanya berbentuk bola ini akan bekerja berdasarkan gerakan naik turunnya pelampung.

Ketika level air menurun, valve float akan berada pada posisi normal dan mengirimkan sinyal bahwa air harus mengalir ke reservoir. Nanti saat air terisi, pelampung juga akan naik ke atas seiring dengan naiknya permukaan air.

Jadi bisa dibayangkan, mekanisme klep akan membuat celah aliran sumber air semakin mengecil jika klep semakin terangkat. Saat katup terbuka, pelampung akan berada di dasar, dan air akan mengalir. Tapi pas klepnya tertutup pelampung sudah di batas atas, dan air tidak mengalir lagi. Saat katup mencapai batasnya, celah tersebut menutup rapat sehingga aliran air terhenti.

Baca:  Cara Coating Dinding Semen Expose/Unfinished

Jika Anda ingin membeli floating valve maka berikut adalah bagian-bagian floating valve yang harus Anda perhatikan.

Bagian pertama adalah badan katup, yaitu badan katup yang memiliki celah. Sehingga bisa buka tutup saat pelampung bergerak. Badan katup juga disertai dengan batang penghubung untuk pelampung dan katup. Pada badan katup ini juga terdapat celah dimana air dapat keluar dari badan katup.

Bagian kedua adalah katup apung, lengkap dengan benang sambungan pipa dan pelampung berbentuk bola. Benang tersebut berfungsi untuk menghubungkan pipa ke sumber air. Sedangkan klepnya sendiri berbentuk seperti bola.

Cara Memasang Pelampung Toren / Penampung Air

Karena bola ini digunakan untuk mengalirkan air tanpa menggunakan listrik secara langsung maka cara pemasangannya bisa dilakukan dengan mudah. Anda hanya perlu menghubungkan floating valve dengan ujung pipa air yang masuk ke reservoir.

Nantinya, mesin pompa air hidup dan mati secara otomatis karena faktor tekanan air di dalam pipa. Jika cukup tinggi, aliran air ditutup oleh faucet dari ball-floater. Bagian katup seperti badan dan bola dipasang menggunakan sambungan pipa untuk dimasukkan ke tangki penyimpan air.

Sebenarnya pelampung itu banyak macamnya. Namun, semua pelampung pada dasarnya memiliki satu prinsip yang sama, yaitu bekerja secara mekanis. Katup / katup yang membuka dan menutup sepenuhnya dikontrol oleh bola apung yang dikenakan gaya ke atas karena naik dan turunnya permukaan air.

Harga pelampung bola ini relatif tergantung model dan jenis bahan yang digunakannya. Ada yang terbuat dari plastik, ada pula yang terbuat dari logam. Baik logam yang rawan karat maupun yang tidak berkarat.

plampung toren air

Bagi anda yang sedang mencari pelampung jenis bola atau floating ball valve, anda beruntung mengunjungi blog ini, karena Super Bangun Jaya menyediakan pelampung untuk tangki dan bak mandi anda. Klik produk Super Bangun Jaya terbaik untuk beli langsung, atau konsultasikan dulu dengan kami dengan klik CS Whatsapp SBJ.

Selain itu jangan lupa juga untuk follow Instagram Super Bangun Jaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya untuk selalu mendapatkan update promo dan informasi penting lainnya. Semoga bermanfaat!

Posting Memasang Bola Udara Toren atau Katup Apung muncul pertama kali di produk terbaik.