Mengenal Perawatan Genset Otomatis dengan Sistem ATS

Mengenal Perawatan Genset Otomatis dengan Sistem ATS

Mengenal Genset Otomatis dengan Sistem ATS – Genset saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi masyarakat, apalagi listrik dari PLN sering padam secara tiba-tiba. Sementara pekerjaan menjadi mudah diselesaikan dengan baik.

Dari sekian banyak komponen dalam sebuah Genset Otomatis, ada baiknya anda mengetahui tentang generator otomatis yaitu ATS (saklar transfer otomatis). ATS merupakan sistem yang memungkinkan generator mengalirkan listrik secara otomatis ke beberapa perangkat yang terhubung ke generator saat listrik PLN mati.

Sementara sistem ATS memiliki fungsi untuk  memutus genset yang mengalir yang dapat disuplai oleh listrik dan jaringan PLN. Hal ini dapat Anda lakukan agar Anda dapat lebih memahami tentang sistem ATS yang terdapat pada sebuah generator.

Bagaimana Perawatan Komponen Genset Otomatis

Anda dapat mempelajari tentang 3 blok utama dalam sistem tersebut, diantaranya:

  1. Blok 1
    Blok pertama adalah blok detektor yang digunakan untuk mendeteksi apakah aliran listrik yang berasal dari sumber utama (PLN) mati atau hidup.
  2. Blok 2
    Blok kedua adalah blok atau blok relai detektor yang digunakan untuk mendeteksi kekuatan tegangan generator..
  3. Blok 3
    Blok ke tiga yang dapat Anda gunakan agar dapat menghidupkan mesin genset secara langsung adalah starter mesin atau rangkaian alat listrik. Karena ketiga komponen ini memiliki hubungan langsung dengan tegangan yang dibangkitkan oleh genset untuk memberi daya pada semua peralatan listrik, agar tegangan yang dihasilkan stabil, umumnya 2 baterai yang dipasangkan dalam keadaan standby.

Oleh karena itu, dari beberapa rangkaian di atas, generator tidak akan bertahan lama jika perawatan komponen di dalamnya tidak diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat perkakas yang terdapat di dalam genset.

Baca:  Perbedaan AC Standing dengan AC Portable

Perawatan Komponen Genset

Perawatan Baterai

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk perawatan baterai generator yang berumur lebih dari tiga tahun. Sementara untuk melakukan hal tersebut, maka Anda perlu melakukan pemerikasaat dengan cara mengukur keakuratan tegangan terminal sekaligus menjaga kebersihan baterai.

Anda bisa melakukan pencucian menggunakan larutan baking soda untuk menjaga keawetan terminal aki. Untuk mengukur tegangan terminal, Anda dapat melakukan penguji beban setelah menyalakan baterai.

Perawatan Pendinginan

Selanjutnya, melakukan perawatan pendingin merupakan salah satu hal yang dapat Anda lakukan agar genset dapat berfungsi seperti pada saat awal  pembelian. Karena,  merawat komponen pendingin adalah hal penting yang dapat yang dapat Anda lakukan sekali dalam sehari.

Sementara periksa juga komponen kompresi yang akan memeriksa aliran udara.

Perawatan Kabel

Melakukan perawatan kabel merupakan salah satu yang dapat Anda lakukan agar alat ATS dapat berfungsi dengan baik,. Anda harus memastikan bahwa kabel terpasang dengan benar dan tidak ada hewan pengerat atau rayap yang dapat menggerogoti kabel. Karena kabel yang terkelupas beresiko besar terjadinya korsleting dan tentunya berbahaya.

Kontrol Pemanas Mesin

Saat Anda menyalakan mesin Genset Otomatis, Anda juga harus memeriksa gerakan atau getaran tiba-tiba mesin yang terlalu keras. Jika demikian, alangkah lebih baik jika segera matikan mesin dan kendalikan genset. Periksa apakah ada kotoran yang menempel atau masalah lain.

Dengan perawatan dan kontrol yang rutin, sistem ATS pada genset akan dapat berfungsi dengan baik dan tanpa masalah. Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan, semoga artikel ini bermanfaat.