Metode Baru KKN UNG, Rektor: 161 Peserta Tingkatkan Kapasitas Desa, Untuk Pencapaian SDGs

Metode Baru KKN UNG, Rektor: 161 Peserta Tingkatkan Kapasitas Desa, Untuk Pencapaian SDGs

Sumber: Hulondalo.id

Pengabdian Masyarakat UNG 2021

Rektor UNG, Dr. Eduart Wolok, ST, MT melepas peserta KKN. (foto: hms)

Hulondalo.id – Metode baru diterapkan Universitas Negeri Gorontalo (UNG) dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun ini. Kata Mahasiswa Rektor UNG, Dr. Ir. Eduart Wolok, ST., MT., Tidak melaksanakan program dalam KKN.

“Ini istimewa, kami tidak membawa programnya, tapi kami akan mengidentifikasi program-program yang ada di desa-desa tempat kami melaksanakan KKN,” ujar Rektor saat melepas 161 siswa peserta Program Pengabdian Masyarakat Desa Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS). ). Senin, (5/4/2021).

Dalam dua bulan ke depan, kata Rektor, 161 mahasiswa peserta KKN akan menjadi duta UNG untuk peningkatan kapasitas desa di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Bilato, Biluhu dan Batudaa Pantai.

Dalam kegiatan KKN akan dilakukan 4 hal yaitu mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi masalah, mengevaluasi solusi yang diterapkan, bagaimana melakukan perbaikan dan menyempurnakan evaluasi yang telah dilakukan.

“Jika 4 hal ini bisa kita lakukan dengan baik, Insya Allah kehadiran siswa di desa akan memberikan kontribusi yang berarti,” terangnya.

Konsep Pengabdian Masyarakat dalam Membangun Desa, kata dia, akan disesuaikan dengan pencapaian SDGs 17-18 dengan SDGs Desa yaitu kearifan lokal.

Rektor juga menyampaikan akan sangat baik jika dalam mengidentifikasi masalah disesuaikan dengan tujuan SDGs yang ingin dicapai.

“Sehingga nantinya akan ada data untuk permasalahan yang sesuai dengan SDGs, solusi yang kita terapkan dan juga menyempurnakannya,” pungkasnya. (MG01 / Adv)

Artikel Metode Baru KKN UNG, Rektor: 161 Peserta Tingkatkan Kapasitas Desa, Untuk pencapaian SDGs dipublikasikan pertama kali di Hulondalo.id. Hak Cipta oleh Hulondalo.id.

Baca:  Pengadaan dan Instalasi Genset 100 KVA Cummins Silent untuk Pabrik Tepung di Kudus Jawa Tengah