Pjs Bupati Blitar Pimpin Operasi Yustisi Penegakan Prokes

Pjs Bupati Blitar Pimpin Operasi Yustisi Penegakan Prokes

Sumber: Hulondalo.id

Pelaksana Tugas Bupati Blitar Budi Santosa memantau langsung persidangan pelanggar Prokes di lapangan. (foto: spesial)

Hulondalo.id – Plt Bupati Blitar, Budi Santosa memimpin langsung pelaksanaan Keadilan Operasi Protokol Kesehatan, di depan Kantor Camat Wlingi, Kabupaten Blitar Kamis malam, (22/10/2020).

Sekitar 120 personel gabungan masing-masing dari Polres Blitar, SatPol PP, Kodim, BakesbangPol, DLLAJ, Koramil dan Dinas Kesehatan serta Aparatur Gabungan. Budi mengatakan, operasi justisi merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam menangani pandemi Covid-19.

Libur panjang pekan depan, serta pelaksanaan pilkada, menjadi tantangan dalam upaya memutus rantai Covid-19. Jadi kata dia, sinergi seluruh elemen di Kabupaten Blitar harus berperan aktif. Menerapkan 3M, kunci untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

“Perilaku 3M adalah membiasakan memakai masker, menghindari keramaian, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, operasi justis ini juga bertujuan untuk mengenalkan, mendorong dan membiasakan hidup dengan protokol kesehatan Covid-19,” kata Plt. Bupati.

Puluhan warga yang melanggar prokes, sebagian besar pengguna jalan raya yang mengendarai mobil atau sepeda motor, tidak memakai masker. Mereka yang melanggar kata-kata Plt Bupati langsung diadili di tempat, karena hadir hakim dari Pengadilan Negeri Blitar dan Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Blitar.

Plt Bupati Blitar Budi Santosa memberikan keterangan pers didampingi Kepala Satpol PP Rustin Tri Setyobudi. (foto: spesial)

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Rustin Tri Setyobudi mengatakan, warga yang mengikuti atau tidak mengikuti program kesehatan, dan yang tertangkap dalam Operasi Yustisi akan dikenakan denda atau kurungan 1 hari, serta lainnya. sanksi sosial seperti membaca teks Pancasila.

“Ini juga sebagai upaya penertiban prokes dan efek jera pada masyarakat saat pandemi Covid-19, operasi dibagi menjadi dua tim yaitu tim pasif di depan kantor kelurahan Wlingi dan tim keliling. kota Wlingi, "kata Rustin yang juga Koordinator Operasi Justisi.

Baca:  Lahmudin Bakar Semangat Jebolan Pelajar SMAN 1 Tilamuta

Landasan aksi ini berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Timur Nomor 2 Tahun 2020 Jo Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2019, Pergub Nomor 53 Tahun 2020 dan Perbup Nomor 40 Tahun 2020.

“Ke 4 aturan diambil sesuai dengan tingkat kesalahannya, denda minimal Rp10.000 dan maksimal Rp 20.000, tergantung kesalahan pelanggar, kalau bawa masker tapi tidak dipakai ya. akan dikenakan denda Rp10.000, sedangkan yang tidak membawa masker Rp 20.000, ”jelasnya.

Turut hadir dalam operasi ini, anggota Satpol-PP dari Provinsi Jawa Timur melakukan pemantauan. (Anang / Kmf / Adv)

Artikel Pjs Bupati Blitar Memimpin Penyelenggaraan Proses Keadilan dan Kesehatan ini terbit pertama kali di Hulondalo.id. Hak Cipta oleh Hulondalo.id.