Pusat Jual Genset – Prosedur Penggunaan Genset

Distributor Genset Terlengkap di Indonesia Logo

Pusat Jual Genset – kami yakin bahwa genset bukanlah sebuah istilah yang asing ditelinga kita semua. Rasanya bisa dipastikan bahwa hampir semua orang pasti pernah mendengar kata “genset”. Hal ini karena keberadaan genset sendiri memang telah menemani masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu kala hingga era serba canggih seperti saat ini. Meskipun sudah sangat sering mendengar kata genset namun tidak semua dari kita pernah menggunakan alat yang memiliki fungsi untuk menyuplai tenaga listrik saat terjadi pemadaman listrik ini.

Bagi anda yang saat ini berniat membeli genset pada distributor pusat jual genset mungkin kini tengah bingung tentang bagaimana cara atau prosedur mengoperasikan genset. Atau diantara Anda mungkin ada yang cukup penasaran bagaimana cara mengoperasikan genset jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman kebaran dan ada genset yang bisa Anda hidupkan untuk suplai listrik. Untuk menjawab semua kebingungan Anda tersebut, maka pada artikel kali ini akan kami berikan penjabarannya :

1. Matikan Arus Listrik Dari PLN
Prosedur utama yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan genset adalah mematikan aliran listrik dari pihak PLN. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuat saklar listrik yang ada berubah menjadi off, keberadaannya ada pada ohm saklar. Mengapa harus mematikan a;iran listrik dari PLN, hal ini karena untuk menghindari terjadinya tabrakan arus listrik yang bisa berakibat fatal bahkan hingga menyebabkan kecelakaan kerja.

2. Periksa Bahan Bakar Genset
Setelah memastikan aliran listrik dari PLN dalam keadaan off, hal berikutnya yang harus Anda lakukan dalah memastikan bahwa genset yang genset yang akan dinyalakan memiliki bahan bakar yang cukup. Hal ini penting untuk menghindari genset yang bisa saja mati secara tiba-tiba saat dinyalakan karena kehabisan bahan bakar. Idealnya bahan bakar harus diganti secara rutin, dan saat menggunakannya usahakan untuk membiarkannya hingga habis agar menghindari karatan pada tangki genset. Oli pada genset juga menjadi satu komponen yang wajib untuk rutin diganti, agar kinerja genset yang Anda miliki bisa maksimal.

Baca:  Hal-Hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Genset Mini yang Terbaik

3. Menyalakan Genset
Setelah yakin bahwa genset yang akan dinyalakan memiliki bahan bakar yang cukup, maka hal berikutnya adalah silahkan nyalakan genset tersebut. Jika genset yang Anda miliki adalah genset elektrik maka Anda tinggal menekan tombol power atau memutar button yang telah disediakan, biasanya akan ada keterangan starting switch yang bisa Anda baca dengan jelas. Namun jika genset Anda alah genset manual maka Anda harus mengeluarkan tenaga ekstra dengan menarik koil sampai genset benar-benar menyala.

4. Melakukan Pemanasan Pada Genset
Sama seperti halnya kendaraan bermotor yang memerlukan pemanasan rutin untuk menjaga kondisi ACCU, genset juga harus demikian. Maka dari itu setidaknya satu minggu sekali Anda wajib untuk melakukan pemanasan genset. Melakukan pemanasan sangat penting guna menjaga kerja mesin yang bisa stabil, karena pelumas yang ada telah menyatu dengan seluruh komponen yang ada.

5. Running Genset
Setelah merasa genset dalam keadaan baik karena telah selesai melakukan pemanasan maka itu berarti genset sudah dalam keadaan siap untuk di running. Kemudian Anda bisa langsung menyalakan satu per satu pannel yang ada.

6. Mematikan Genset
Jika genset telah selesai digunakan maka silahkan mematikan genset dengan mengikuti prosedur sebagai berikut :

a. Ubah saklar breaker ke posisi off
b. Biarkan genset tetap bekerja sekitar 5 sampai 7 menit agar genset menghabiskan sisa gas buangan yang dimilikinya.
c. Putar atau tekan starting switch ke posisi off.