Terkait Hasil Pilkades, Syarifudin: Masyarakat Bisa Menggugat ke PTUN

Terkait Hasil Pilkades, Syarifudin: Masyarakat Bisa Menggugat ke PTUN

Sumber: Hulondalo.id

RDP DPRD Kabupaten Gorontalo Pilkades

Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo mengadakan RPD untuk menindaklanjuti aksi massa Desa Hutabohu Limboto Barat terkait Pilkades. (foto: spesial)

Hulondalo.id – Masyarakat bisa mengajukan gugatan terhadap hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Gorontalo. Gugatan bisa dilakukan melalui PTUN.

Senin (26/4/2021), massa dari Desa Hutabohu Limboto Barat menggelar aksi unjuk rasa di kantor DPRD Kabupaten Gorontalo. Tindakan ini ditindaklanjuti oleh Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo dengan melakukan RDP.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Syarifudin Bano mengatakan, apa yang dilakukan masyarakat merupakan wujud kepedulian terhadap pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa.

Syarifudin juga menyampaikan bahwa masyarakat memiliki waktu 1 minggu jika ada yang ingin mengajukan gugatan.

“Kami beri waktu satu minggu jika ada yang ingin menggugat PTUN, dan memberikan informasi itu kepada kami,” kata Syarifudin.

Jika laporan sudah diterima, Syarifudin mengatakan akan mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk menunda pelantikan kepala desa terpilih.

Di sisi lain, jika tidak ada informasi dari masyarakat, kata dia, pihaknya akan mendorong Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk segera melantik 89 kepala desa terpilih.

Seperti diketahui, pelantikan akan dilakukan pada 6 Mei 2021.

“Usulan penundaan dalam konteks ada yang menggugat pelaksanaan Pilkades di Pengadilan Tata Usaha Negara, saat ini baru dua desa yang melakukannya, yakni Desa Moahudu dan Desa Hutabohu,” kata Syarifudin. (Pin / Maju)

Artikel Terkait Hasil Pilkades, Syarifudin: Orang Bisa Gugat ke PTUN untuk pertama kali terbit di Hulondalo.id. Hak Cipta oleh Hulondalo.id.

Baca:  Anas: Belum Berakhir, Virus Corona Jangan Dianggap Remeh