Tips Memilih Genteng Rumah Berdasarkan Jenisnya

Mendesain Kamar Pengantin Minimalis tapi Cozy

Genteng, sebuah kebutuhan dalam membangun rumah yang sangat jarang dibeli lagi. Seperti satu keputusan untuk jangka waktu yang sangat panjang, jika keputusan dalam memilih genteng sudah salah dari awal, maka pasti akan membutuhkan biaya yang jauh lebih besar untuk memperbaikinya. 

Selain rugi di biaya, rugi waktu juga bukan? Untuk menghindari penyesalan di kemudian hari, mari kita bahas tentang memilih genteng terbaik dan tepat untuk Anda. 

Tips Memilih Genteng Rumah 

Pada umumnya setiap genteng yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pertama, pastikan warnanya. Seringkali kita melihat rumah-rumah beratap genteng tanah liat. Namun saat ini Anda tidak harus memilih genteng tersebut karena sudah banyak pilihan warna yang bisa Anda pilih. Anda pun bisa menyesuaikannya dengan model dan warna cat rumah Anda.

Kedua, pilih genteng yang memiliki letak lubang paku dan tanggulnya relatif tinggi. Sebab dengan standar ini genteng berpotensi tidak menimbulkan kebocoran.

Ketiga, piilh genteng yang memiliki overlap lebih panjang supaya dapat mencegah masuknya aliran air hujan saat hujan deras. 

Keempat, pastikan genteng yang dipilih berbahan bagus dan telah melalui proses pressing yang kuat dan padat sehingga genteng tidak mudah rembes dan patah.

Tidak hanya itu saja, bila Anda ingin membangun rumah dengan konsep sendiri maka Anda perlu tau berbagai macam jenis genteng dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari genteng asbes sampai genteng tanah liat, kita bahas di sini!

Jangan salah pilih genteng, ketahui setiap jenis, kelebihan, dan kekurangannya!

Genteng Asbes

Meski banyak perkembangan baru pada material atap rumah, namun banyak masyarakat yang tetap memilih atap asbes. Hal ini dikarenakan harganya yang relatif murah dan pemasangannya lebih mudah. Selain karena ukurannya yang luas, pemasangan atap ini juga membutuhkan kayu yang lebih sedikit dibandingkan atap lainnya. Dibandingkan seng, ruangan dengan atap asbes juga lebih sejuk karena asbes tidak menyerap sinar matahari. Alasan lainnya adalah atap asbes dikenal tahan air dan tahan api, sehingga tidak mudah bocor dan terbakar.

Selain kelebihannya, atap asbes memiliki efek membahayakan kesehatan manusia. Ini dikarenakan partikel-partikel penyusun asbes ini, yang ukurannya sangat kecil dan mudah tertiup angin. Akibatnya, menghirup partikel asbes secara terus menerus bahkan dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Genteng Aspal

Genteng aspal biasa disebut sebagai genteng bitumen. Meskipun namanya genteng aspal, bukan berarti seluruhnya terbuat dari aspal, melainkan serbuk kertas, serat organik, resin dan aspal.

Keuntungan dari atap jenis ini adalah warnanya berbeda dan lebih ringan dari tanah liat dan keramik. Genteng jenis ini fleksibel dan tahan air, mudah dipasang, tahan jamur dan tahan pudar. Kelemahannya harganya relatif mahal, karena masih impor.

Genteng Kaca

Genteng kaca bisa dikatakan sebagai genteng yang modern untuk digunakan. Kelebihannya ada banyak, terutama dalam membawa pencahayaan alami masuk ke dalam rumah. Untuk desain yang minimalis, genteng kaca cocok digunakan, selain karena dapat menambah kesan mewah, genteng kaca juga memberi kesan luas bagi rumah.

Kelemahannya, tentu saja jika dibandingkan dengan materal atap lainnya genteng kaca lebih mahal harganya. Sehingga harus lebih sering dirawat, serta dapat menimbulkan kepanasan jika sinar matahari terlalu banyak masuk ke rumah.

Baca:  Tipe Genset Terbaik dan Yang Paling Cocok Untuk Rumah Sakit

Genteng Keramik

Atap keramik merupakan atap yang terbuat dari keramik. Yaitu berbahan dasar tanah liat yang diolah di pabrik. Oleh karena itu, lapisan atas lebih halus dan lebih mengkilap.

Keuntungan dari jenis genteng ini adalah dapat memantulkan panas. Selain karena ukuran, warna dan nilai akurasi yang berbeda menyebabkan tidak mudah menimbulkan korosi bahkan dalam cuaca ekstrim, lebih tahan lama dan tidak terlalu berat.

Kekurangannya tentu saja harga yang lebih mahal dari harga genteng beton, perbedaan warna pun kadang bisa mempengaruhi perbedaan harga, serta perawatan dan perbaikan yang cukup sulit.

Genteng Metal

Genteng yang satu ini terbuat dari baja berlapis ringan atau disebut dengan zincalume steel. Yaitu perpaduan seng, aluminium, dan silicon yang berbentuk lembaran bergelombang. Kelebihan dari genteng metal antara lain adalah variasi warnanya banyak. Selain itu cocok untuk digunakan di daerah yang rawan gempa karena lebih ringan dari genteng keramik dan beton, harganya murah.

Namun kekurangannya adalah ukurannya tipis-tebal sehingga relatif ringkih. Jika terdapat kesalahan seperti terinjak akan sangat berisiko pecah atau melengkung. Bunyi berisik saat hujan akan sangat terdengar.

Genteng tanah liat

Genteng ini juga biasa disebut sebagai genteng terakota atau genteng yang pembuatannya dilakukan secara tradisional. Caranya adalah dengan memadatkan tanah liat, kemudian dibentuk, dan dilakukan proses pembakaran yang dilanjutkan dengan proses penjemuran. Di bawah matahari. Kelebihan genteng tanah liat antara lain harganya ekonomis dan berbahan ringan. Genteng ini juga sangat mudah dicari di pasaran. Namun kekurangannya adalah ukuran dan variasinya tidak beragam. Sehingga masih bisa berpotensi menyebabkan kebocoran rumah.

Itulah berbagai jenis genteng rumah yang ada di pasaran. Dengan kelebihan dan kekurangannya, manakah yang sesuai dengan kebutuhan Anda? 

Sebelum membeli genteng, pastikan Anda sudah konsultasi dengan ahlinya. Sebab selain karena banyak variasinya, Anda juga perlu memperhatikan harganya. Karena ada saja yang menjual genteng dengan harga murah namun ternyata yang Anda terima adalah genteng yang tidak baru alias bekas. 

Karena itu untuk Anda yang ingin memiliki genteng berkualitas terbaik, Anda bisa dapatkan di Super Bangun Jaya! Toko bahan bangunan dan finishing yang lengkap! Caranya mudah, cukup klik superbangunjaya.com atau Anda juga bisa langsung terhubung dengan CS Whatsapp kami dengan klik Whatsapp SBJ

Klik untuk melihat harga genteng terbaru >> Daftar Harga Genteng Terbaru <<

Pengiriman terjamin #pastisampai dengan self courier dan ekspedisi yang terpercaya. Pastinya Anda mendapatkan #jaminangacurang. 

“Beli genteng jangan tergiur yang harganya ga masuk akal, belum tentu genteng yang dikasih genteng baru. Baru di pasang rumah bocor lagi banjir lagi, gak awet. capek kan bongkar pasang terus. Gak perlu bingung buat pilih genteng yang cocok buat kamu, konsultasikan sama SBJ biar kamu ga salah pilih. Cukup mantan aja yang salah pilih”

Mau dapat promo menarik? Jangan lupa follow instagram @superbangunjaya dan like Facebook Page Super Bangun Jaya supaya nggak ketinggalan informasi dan artikel ter-up to date setiap harinya. Semoga bermanfaat!

The post Tips Memilih Genteng Rumah Berdasarkan Jenisnya appeared first on Produk Terbaik.