Upaya Dikes Provinsi Gorontalo, Orang dengan HIV/AIDS Lebih Mudah Dapat Pengobatan

Upaya Dikes Provinsi Gorontalo, Orang dengan HIV/AIDS Lebih Mudah Dapat Pengobatan

Sumber : Hulondalo.id

Dikes Provinsi Gorontalo Orientasi Test ARV HIV/AIDS

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menggelar Orientasi Test dan Treat Layanan ARV baru Program Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS & PIMS, (foto:hms)

Hulondalo.id – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo berupaya agar pengidap HIV/AIDS atau Orang dengan HIV/AIDS (ODHA), lebih mudah mendapatkan pengobatan. Selama ini, pengobatan hanya bisa dilakukan di rumah sakit. Kedepan, puskesmas diharapkan bisa melakukan hal serupa.

Kepala Seksi Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Menular Dikes Provinsi Gorontalo, Dr. Irma Cahyani mengatakan, perluasan akses untuk para ODHA ini, agar tidak harus ke rumah sakit lagi, karena sudah bisa diobati di puskesmas.

“Ketika ditemukan oleh puskesmas, maka puskesmas sudah bisa langsung mengobati, karena ODHA diwajibkan harus meminum obat seumur hidup untuk mempertahankan virusnya tidak berkembang,” kata Irma.

Untuk mewujudkannya, Dikes Provinsi Gorontalo menggelar Orientasi Test dan Treat Layanan ARV Program Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS & PIMS, Senin (15/02/2021). Dalam orientasi ini kata, kapasitas petugas layanan HIV/AIDS yang akan ditingkatkan, diawali dengan dengan dua batch, yang terdiri dari 10 layanan.

Satu layanan adalah, satu tim yang terdiri dari satu orang dokter, satu orang perawat, satu orang petugas farmasi, satu orang petugas lapangan, satu orang petugas pencatatan dan pelaporan. Nantinya pada dipuskesmas ataupun dirumah sakit akan berkerja secara tim.

“Kegiatan ini rencananya akan ada 8 bacth, jadi total yang akan dilatih 400 orang, untuk 80 layanan, setiap layanan 5 orang, berarti ada 400 petugas kesehatan yang akan dilatih tentang pengobatan HIV,” tutur Irma.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman dalam sambutannya berharap, program ini membuka semua akses untuk tes dan pengobatan.

Baca:  UNG-Kemenag Provinsi Jalin Kerja Sama Pengembangan Kurikulum Anti Radikalisme

“Sehingga semua kasus HIV/AIDS bisa kita temukan dan segera diobati, serta tidak akan ada lagi penularan, tujuan dinas provinsi adalah 90% populasi yang beresiko tahu satus mereka dengan harus memeriksakan diri,” ungkapnya.

“Bagi yang sudah dites positif, harus minum obat dan bagi yang sudah minum obat, virusnya harus turun,” tambahnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo juga kata dia, sudah melakukan pemeriksaan Viral Load dibantu Kemenkes bulan November 2020 lalu, dengan dana dari Kemenkes juga. Kerja sama dilakukan dengan Rumah Sakit Kandou.

Dari 125 sampel ODHA yang diperiksa, hasil yang diterima ada 56 sampel yang tersupresi. Dan dari 56 yang tersupresi, 50 undetectable atau tidak terbaca. Jadi kata dia, ini tanda kerja ARV yang baik, karena ODHA sudah patuh dalam sistem pengobatan. (MG04/Adv)

Artikel Upaya Dikes Provinsi Gorontalo, Orang dengan HIV/AIDS Lebih Mudah Dapat Pengobatan dipulikasikan pertama kali di Hulondalo.id. Hak cipta oleh Hulondalo.id.